Seberapa Cepat Gagal Ginjal Bisa Menyerang Anda?

Jakarta Berdasarkan data yang dihimpun oleh Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, angka penderita gagal ginjal di Indonesia semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan angka kasus gagal ginjal meningkat terjadi pada usia di atas 75 tahun.

Fungsi utama ginjal di dalam tubuh adalah menyaring darah, sehingga terjadi pemisahan zat sisa yang beracun untuk dibuang ke luar tubuh. Fungsi lain dari ginjal adalah menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan keseimbangan elektrolit.

Pembagian penyakit gagal ginjal sendiri dibagi menjadi dua tahap. Jika terjadi kerusakan secara tiba–tiba pada ginjal, maka dikategorikan pasien menderita gagal ginjal akut. Sedangkan jika terjadi gangguan ginjal selama tiga bulan berturut–turut dan tidak segera diatasi, maka dikategorikan pasien mengalami gagal ginjal kronik.

Untuk mengindari penyakit ginjal berubah menjadi gagal ginjal, kenalilah gejala awal gagal ginjal yang harus Anda waspadai, seperti:

1. Kencing berdarah
Ginjal yang berfungsi normal seharusnya tidak mengandung darah, karena darah telah disaring agar tidak dibuang ke luar tubuh. Namun, pada ginjal yang rusak sel darah dapat keluar dan tercampur ke dalam urine.

2. Kencing berbusa
Busa yang terdapat di dalam urine menandakan adanya kandungan protein yang tinggi. Padahal, seharusnya di dalam urine tidak terdapat kandungan protein.

3. Pembengkakan beberapa bagian tubuh
Pembengkakan di beberapa bagian tubuh disebabkan adanya penurunan fungsi ginjal yang menyebabkan kadar garam di dalam tubuh menjadi berlebihan.

Sumber : Klikdokter.com

Share on Google Plus

About Admin

0 comments:

Post a Comment