Apa itu Payment Gateway dan Cara Kerjanya?


Gateway Pembayaran terletak di antara Pedagang dan Pemroses, yang meneruskan transaksi ke Jaringan (MasterCard, Visa, American Express, Discover, dll). Peran Payment Gateway adalah sebagai saluran informasi aman yang sesuai dengan aturan dan regulasi keamanan pemrosesan kartu kredit. Setelah informasi kartu dimasukkan, Payment Gateway mengirimkan data kartu ke Jaringan yang kemudian meneruskannya ke bank penerbit kartu untuk otorisasi.

Sebagian besar gateway pembayaran menyelesaikan ini dalam beberapa detik dengan langkah-langkah berikut:

Enkripsi: Antara browser pengguna dan server pengecer, gateway pembayaran akan mengenkripsi (menyandikan untuk penggunaan pribadi) data untuk penggunaan eksklusif antara penjual dan pembeli.


Permintaan: Permintaan otorisasi terjadi saat pemroses pembayaran mendapat persetujuan dari perusahaan kartu kredit atau lembaga keuangan untuk melanjutkan transaksi.

Pemenuhan: Ketika gateway pembayaran memiliki otorisasi, itu memungkinkan situs web dan antarmuka untuk melanjutkan ke tindakan berikutnya.

Semua ini terjadi dalam sekejap mata menggunakan teknologi enkripsi untuk memastikan informasi rahasia pemegang kartu tidak pernah terungkap. Payment Gateways bekerja di semua lingkungan pembayaran: desktop, seluler, fisik, batu bata dan klik, dan bahkan proses pembayaran dengan pengenalan suara. Opsi White label Gateway bahkan akan memungkinkan Anda untuk menerapkan antarmuka pengguna grafis (GUI) atau templat halaman Anda secara online untuk menciptakan pengalaman merek yang mulus bagi Pelanggan yang terlibat dengan perusahaan atau organisasi Anda.

Bagaimana Cara Kerja Payment Gateway?

Ada banyak proses yang terjadi di balik layar ketika pelanggan melakukan pembelian, tetapi berikut adalah penjelasan singkat tentang bagaimana gateway pembayaran memfasilitasi transaksi pembayaran.

Saat pelanggan melakukan pembelian menggunakan kartu kredit mereka, gateway pembayaran mengenkripsi informasi transaksi dan data kartu dan mengirimkannya secara elektronik ke bank pemrosesan pedagang untuk otorisasi.

Prosesor mengirimkan informasi melalui asosiasi kartu yang menerbitkan kartu pelanggan, lalu ke bank pelanggan tempat transaksi disetujui atau ditolak.

Bank pelanggan mengirimkan tanggapan kembali melalui asosiasi kartu ke bank pedagang.
Respons tersebut kemudian masuk melalui gateway pembayaran ke terminal tempat penjualan atau situs web e-niaga pedagang yang menunjukkan apakah pembayaran diterima atau ditolak. Cek payment gateway yang recommended Duitku.com

Share on Google Plus

About Admin

0 comments:

Post a Comment