Tips Membuat Video Pembelajaran yang Keren

Sekarang ini untuk pembelajaran yang berbasis video, dikenal dengan video-based learning. Ini merupakan sebagai salah satu metode belajar yang efektif selama dalam masa sekolah online. Dari beberapa guru menerapkannya untuk dapat membantu siswa bisa melakukan belajar dari rumah dengan cara yang sangat menyenangkan, akan tetapi sebagian lainnya juga masih merasa kesulitan untuk membuat video pembelajaran untuk para siswa. 

Belajar dengan menggunakan video pastinya tidak hanya bermanfaat untuk siswa saja, akan tetapi juga untuk para guru. Karena dengan memakai video akan sangat memudahkan dalam menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa sehingga mereka tentunya akan lebih mudah dalam memahaminya. Selain itu Anda juga dapat berinteraksi dengan siswa ketika membahas pelajaran yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan maksimal.


Siswa untuk saat ini juga lebih menyukai belajar dengan menggunakan video, ada banyak alasan dalam hal ini. Salah satu alasannya yaitu karena dengan menggunakan video akan dapat menjelaskan hal-hal lebih baik dibandingkan dengan menggunakan teks sehingga dapat membantu mereka dalam memahami pelajaran. 

Nah untuk Anda para guru yang ingin membuat video pembelajaran tentunya ada beberapa tips yang perlu untuk Anda ketahui dalam membuat video tersebut sebelum benar-benar membuatnya.

Tips Membuat video pembelajaran

Kenali Siapa Siswa Anda

Hal yang utama untuk membuat video pembelajaran yaitu dengan memahami siapa peserta didik yang sedang Anda ajar. Dalam hal ini Anda harus benar-benar tahu beberapa hal mengenai siswa Anda seperti usia, latar belakang, tingkat pendidikan serta  karakteristiknya. Hal-hal yang mendasar tersebut tentunya akan dapat memudahkan dalam membuat konsep serta konten video sehingga ini diharapkan dapat diterima dengan baik oleh para siswa.

Persiapkan Naskah Video

Naskah ataupun materi pembelajaran yang ingin Anda sampaikan perlu untuk Anda siapkan dengan matang sebelum Anda menuangkan dalam bentuk video. Dalam hal ini Anda sebaiknya disarankan untuk fokus pada salah satu topik, konsep, ataupun pesan tertentu supaya para siswa lebih mudah untuk memahami arah dari pembelajaran. Seperti Salam pembuka, inti pembahasan, dan penutup tentunya hal tersebut sangat perlu untuk Anda kemas supaya runtut karena ini akan memudahkan Anda dalam membuat video pembelajaran. 

Tentukan Jenis Video, Pilih yang Terbaik

Ada banyak sekali jenis video yang dapat Anda gunakan untuk menyampaikan materi pelajaran. Dalam hal ini Anda dapat memilih salah satu yang tentunya paling cocok bagi para siswa serta mudah untuk dibuat. Pilihannya dalam hal ini yaitu video tutorial ataupun animasi. Sekarang ini banyak sekali tersedia aplikasi belajar online yang menyediakan berbagai ragam animasi yang sangat mearik dan dapat Anda akses gratis.

Gunakan Audio yang Mendukung

Audio adalah salah satu hal yang menarik perhatian siswa dalam hal pembelajaran, ini dapat menjadi sebagai nilai tambah karena bisa meningkatkan focus dari siswa. Pastikan Anda dalam hal ini memilih audio yang tepat untuk mendukung tayangan video Anda.

Buat Video Menjadi Interaktif

Supaya ini semakin menarik dan tidak membosankan bagi yang melihat dan mendengarkannya, maka Anda bisa menambahkan efek icon untuk video yang Anda buat. Contohnya yaitu Anda dapat menambahkan pop up kecil yang berisi fakta menarik, tips, kutipan lucu, ataupun dengan referensi materi untuk para siswa.

Untuk Anda yang ingin membuat video pembelajaran, maka bisa menggunakan pijarsekolah.id aplikasi penyedia video pembelajaran. Ini akan membuat Anda tidak kesulitan sama sekali.


Share on Google Plus

About Admin

0 comments:

Post a Comment